Rancang Bangun Aplikasi E-Sertifikat Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall

Figo
2

Source: freepik


Assalamualaikum temen-temen, nahh alhamdulillah akhirnya saya bisa update konten lagi nih wkwkwkw. Oh ya, temen-temen beberapa hari kemarin saya baru saja membaca artikel ilmiah yang menarik nih terutama untuk organisasi atau suatu lembaga yang rutin mengadakan suatu acara seperti seminar, pelatihan ataupun sejenisnya. Berikut identitas artikel yang saya baca:


Jurnal                  : Teknik Informatika Vol. 13 No. 2, Oktober 2020

Judul Artikel       Rancang Bangun Aplikasi E-Sertifikat Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall

Penulis                : Agariadne Dwinggo Samala , Bayu Ramadhani Fajri

Halaman             : 10

ISSN                   : 19799160

Sinta                   : 3

Link                   : Jurnal Teknik Informatika


Nahh, gimana menarik bukan?

Artikel yang saya baca ini berkaitan tentang pengembangan aplikasi pembuat e-sertifikat berbasis web yang dapat mempermudah penerbitan dan juga pemberian e sertifikat kepada peserta. Seiring dengan teknologi informasi yang mengalami kemajuan yang sangat pesat dan sangat berpengaruh  terhadap segala aktivitas manusia baik secara pribadi, dalam komunitas, organisasi, maupun kelembagaan. Adapun manfaat positif dari penggunaan teknologi informasi salah satunya adalah dapat membantu menyelesaikan pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan efisien. Biasanya dalam organisasi sering kali diadakan kegiatan yang menunjang peningkatan mutu pesertanya seperti kegiatan seminar, workshop, pelatihan, dll. dimana setelah peserta selesai melakukan kegiatan tersebut maka peserta akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti pernah menjadi bagian dari kegiatan tersebut.


Jadi, Awal mula penelitian ini dilakukan adalah salah satu lembaga perguruan tinggi di Universitas Padang yang bernama LP3M UNP selaku lembaga yang memiliki kegiatan dalam penyelenggaraan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), diklat, workshop, pelatihan keahlian, dan kegiatan lainnya masih menerbitkan sertifikat fisik berbasis kertas secara manual untuk setiap kegiatan yang diselenggarakan sehingga dalam proses penerbitan sertifikat secara manual membutuhkan waktu yang lama dan tidak adanya sistem untuk verifikasi keaslian kepemilikan sertifikat yang memungkinkan terjadinya pemalsuan sertifikat. Maka dari itu, dilakukan penelitian untuk merancang sebuah aplikasi e-sertifikat untuk meningkatkan efisiensi proses penerbitan sertifikat  khususnya di LP3M UNP. 


Penelitian ini menggunakan metode pendekatan Research and Development (R&D), yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk yang efisien dan efektif. Dalam proses pengembangan aplikasi sertifikat elektronik (e-sertifikat) berbasis web digunakan pendekatan waterfall dalam tahap development (pengembangan) yaitu metode pengembangan dengan pendekatan yang sistematis dan berurutan, dimulai dengan analisis kebutuhan sistem dan pengguna lalu berlanjut melalui tahapan-tahapan perencanaan seperti desain atau perancangan sistem dan database, pengkodingan, pengujian dan pemeliharaan dari sistem yang dikembangkan komputer.


Pada tahap analisis kebutuhan, dilakukan observasi lapangan dan pengumpulan data, serta permasalahan yang terjadi di lapangan. Hasil dari analisis kebutuhan adalah aplikasi harus mempunyai fitur-fitur yang diperuntukkan admin dan peserta. Aplikasi tersebut harus memiliki kemampuan untuk menerbitkan sertifikat dalam format .pdf dan juga kemampuan melakukan pengecekan keaslian pemilik.


Setelah dilakukan analisis kebutuhan, selanjutnya dilakukan desain untuk perancangan sistem. Pada tahap desain mulai dari perancangan sistem secara keseluruhan dengan diagram konteks, desain tampilan antarmuka pengguna, tampilan halaman home, halaman login, dashboard pengguna, desain sertifikat elektronik, dan perancangan database dengan MySQL, dan pemodelan sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML). UML adalah bahasa spesifikasi standar yang dipergunakan untuk mendokumentasikan, menspesifikasikan dan membangun perangkat lunak. 


Dalam melakukan desain, terdapat dua tahap yaitu perancangan sistem dan perancangan database. Pada perancangan sistem dilakukan perancangan cara bekerja aplikasi dan juga pembuatan fitur yang akan mendukung jalannya aplikasi. Selanjutnya, dalam perancangan database, menggunakan database MySQL.   


Hasil dari perancangan ini berupa sebuah aplikasi E-Sertifikat yang memiliki menu dan fitur antara lain:


1. Halaman Login 

Halaman Login adalah halaman yang digunakan oleh pengguna untuk dapat masuk ke aplikasi e-sertifikat. Untuk login pengguna dapat menggunakan username dan password. Namun bagi pengguna yang belum memiliki username dan password, maka harus mendaftar terlebih dahulu melalui tombol register.


2. Halaman Register

 Pada halaman register, digunakan oleh pengguna yang belum memiliki akun pada aplikasi e-sertifikat. Pada halaman ini pengguna mengisi formulir pendaftaran berupa biodata yang terdiri dari nama, tempat tanggal lahir, alamat, profesi, instansi, nomor kontak, email, username, dan password. Untuk username tidak boleh menggunakan spasi, dan password terdiri dari kombinasi huruf, angka, atau simbol.


3. Dashboard Admin 

Pada tampilan dari halaman dashboard admin, terdapat beberapa menu di antaranya adalah data peserta, data kegiatan, data sertifikat, dan pengaturan.


4. Dashboard Peserta 

Dashboard Peserta terdiri dari halaman profile, daftar kegiatan yang diikuti, dan daftar kegiatan yang tersedia. Peserta dapat memilih kegiatan melalui daftar kegiatan yang tersedia. 


5. Halaman Pengaturan e-sertifikat 
Halaman ini merupakan halaman pengaturan e-sertifikat. Pengisian data e-sertifikat berupa jenis sertifikat, nama kegiatan dan upload desain e-sertifikat. Halaman ini hanya dapat diakses oleh admin melalui dashboard admin.


6. Halaman Verifikasi e-sertifikat 
Halaman ini digunakan untuk verifikasi keaslian dan untuk mengetahui kepemilikan dari e-sertifikat. Peserta dapat memasukan nomor sertifikat yang tertera pada e-sertifikat yang dimiliki atau dengan cara scanning QR Code yang ada pada e-sertifikat.


Peserta dapat men-download e-sertifikat melalui dashboard peserta dalam format pdf. Untuk proses verifikasi atau pengecekan keaslian sertifikat, peserta dapat menggunakan nomor sertifikat yang tertera pada file pdf dari e-sertifikat pada halaman verifikasi e-sertifikat. Nomor sertifikat yang tidak sesuai maka data kepemilikan tidak dapat ditemukan oleh sistem.Namun jika nomor sertifikat terdaftar pada database sistem, maka halaman verifikasi e-sertifikat akan menampilkan data kepemilikan sertifikat yang menyatakan sertifikat yang dimiliki adalah valid, kemudian juga tersedia tombol download untuk melihat dan mencetak e-sertifikat


Jadi, setelah aplikasinya jadi lalu dilakukan pengujian fungsionlitas dari seluruh fitur yang ada . Hasil dari pengujian seluruh fitur yang ada di aplikasi ini adalah berjalan dengan sangat baik dan sesuai harapan. 


Gimana nih hebat banget ya!!! Jadi, marilah temen-temen kita terus berkreasi dan berkarya, entah itu dibidang apapun yang sedang kita geluti. Bisa jadi setiap langkah kecil kita bisa menjadi kontribusi besar untuk kemudahan dan kebermanfaatan untuk banyak orang. Jangan lupa, setiap usaha kita pasti memiliki arti dan dampak. Terus berinovasi, terus berkarya, dan jadilah sumber inspirasi bagi yang lain.

okee terimakasih temen-temen, jangan lupa tunggu terus ya konten selanjutnya,  see u and bye bye👌

Posting Komentar

2Komentar
  1. Keren bangett, membuat data jadi lebih terintegrasi ya

    BalasHapus
  2. Kerenn... dengan adanya aplikasi E-sertifikat akan sangat memudahkan pekerjaan

    BalasHapus
Posting Komentar