Jalan - Jalan Ke Perpustakaan Kemendikbudristek

Figo
1

Jalan - Jalan Ke Perpustakaan Kemendikbudristek


Halo gesss, salam literasi!!!

Jalan - Jalan ke pasar ikan

Jalannya sama iwan

Yuk kita ke perpustakaan

Gudangnya ilmu pengetahuan


Nahhh gess, baru-baru ini saya habis berkunjung ke salah satu perpustakaan di Jakarta. Jadi, perpustakaan ini milik salah satu instansi pemerintah yaitu milik Kementrian Kemendikbudristek. Jadi, nama dari perpustakaan ini yaitu Perpustakaan Kemendikbudristek. Perpustakaan Kemendikbudristek ini terletak di Jakarta Pusat atau lebih tepatnya di area gedung Kemendikbudristek di Jl. Jendral Sudirman, Senayan - Jakarta Indonesia, 10270. Untuk yang ingi datang ke sini bisa banget pake transportasi umum karena letaknya cukup strategis. Jika temen2 naik MRT, temen2 bisa turun di stasiun Senayan dan keluar tepat di depan gedung Kemendikbudristek. Jika temen2 naik Transjakarta jurusan Blok M - Kota lalu turun di halte Bundaran Senayan. Perpustakaannya ini berada samping kanan gedung utama atau jika baru masuk gerbang bisa langsung lurus kedepan cari yang ada papan yang bertuliskan "Perpustakaan Kemendibudristek"

Perpustakaan ini memiliki koleksi buku, majalah, dan koleksi lainnya seperti e-book. Selain itu, perpustakaan ini juga memiliki berbagai macam layanan pemustaka yang mana layanan ini sangat membantu sekali pemustaka dalam menemukan koleksi yang ingin dicari. Penasaran kan seperti apa yang ada di dalam Perpustakaan Kemendikbudristek. Yukkkk langsung aja baca dibawah ⬇️⬇️

A. Profil

Perpustakaan Kemendikbudristek merupakan perpustakaan utama di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Perpustakaan ini didirikan pada tahun 2004, dan merupakan gabungan dari Perpustakaan Pusat Pendidikan Nasional (Pusdiknas) dan Perpustakaan Pusat Kebudayaan Nasional (Puskurnas). Setelah penggabungan dua perpustakaan tersebut, Perpustakaan Kemendikbudristek memiliki koleksi yang sangat lengkap, yang mencakup berbagai bidang ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Perpustakaan ini juga memiliki berbagai layanan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum, seperti layanan sirkulasi, layanan referensi, dan layanan digital. Perpustakaan ini terbuka untuk umum.

B. Jenis Koleksi

Perpustakaan Kemedikbudristek memiliki jumlah koleksi sebanyak 200.000 lebih koleksi baik itu koleksi tercetak, digital, maupun rekaman. 

C. Jenis Layanan

1. Layanan Referensi dan Sirkulasi

Layanan referensi yang diberikan oleh Perpustakaan Kemendikbudristek terbagi dua, yaitu layanan berupa penyediaan OPAC yang bisa diakses oleh pemustaka secara langsung dan layanan referensi melalui pustakawan di area ruang baca umum. Ketika pemustaka tidak menemukan koleksi yang dicari melalui OPAC, pemustaka dapat menanyakannya kepada pustakawan. Lalu, layanan sirkulasi yaitu layanan untuk melakukan peminjaman koleksi. Untuk melakukan peminjaman, pemustaka harus mempunyai kartu anggora terlebih dahulu dimana pemustaka dapat membuatnya di meja referensi dan sirkulasi.

2. Layanan Audiovisual

Layanan audiovisual adalah tempat pemustaka untuk dapat mengakses koleksi rekaman baik audio maupun video yang dimiliki Perpustakaan Kemendikbudristek. Terdapat sekitar lebih dari 10.000 koleksi audiovisual Perpustakaan Kemendikbudristek. Koleksi audiovisual yang tersedia di Perpustakaan Kemendikbudristek antara lain berupa rekaman suara, video, CD, Versatile, dll.

3. Layanan Ruang Baca Anak


 Dalam Perpustakaan Kemendikbudristek, terdapat ruang baca yang dikhususkan anak. Dalam ruang baca ini terdapat koleksi serta perabot-perabotan yang memang didesain untuk anak-anak. Koleksi yang tersedia di layanan ini antara lain, buku cerita, buku pelajaran, dll.

4. Layanan Digital

Layanan Digital Perpustakaan Kemendikburistek ini tersedia dalam bentuk aplikasi perpustakaan dan repositori. Nama aplikasi nya adalah EPerpusdikbud yang dapat diunduh lewat Play Store. Sedangakan untuk repositori, pemustaka dapat mengaksesnya lewat link Berikut Ini. Didalam keduanya, koleksi yang tersedia berbentuk e-book. Dengan layanan digital ini diharapkan pemustaka dapat mengakses koleksi Perpustakaan Kemendikbudristek dimana saja dan kapan saja. 

Berikut video nya:




Posting Komentar

1Komentar
Posting Komentar